E-Otobus 10 Mesin Dengan Teknologi Canggih Milik Karoseri Laksana Ungaran

Laksana Bus, perusahaan karosori yang berbasis di Ungaran, Semarang, Selasa (12/9/2017) merayakan ulang tahun ke-40 tahun. Pada kesempatan tersebut, perusahaan memperlihatkan teknologi terbarunya kepada para pelanggan dan wartawan.

Sedikitnya ada 10 mesin dengan teknologi otomatis, semi-otomatis, dan mesin yang bekerja dengan sistem terkomputerisasi. Berikut ini ialah mesin yang dipakai oleh perusahaan karoseri dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia.



1. Mesin CNC Turret Yawei Nisshinbo

Mesin punch 100% otomatis dari China yang dipakai untuk melubangi dan membentuk profil pada pelat sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.



Beberapa rujukan panel di dalam bus yang diproduksi memakai mesin ini ialah panel ram inlet AC, panel radiator, panel air intake mesin, dan lainnya.

2. Mesin CNC Turret Prima Power`

Mesin punch 100% otomatis dari Finlandia yang dipakai untuk melubangi dan membentuk profil pada pelat sesuai dengan bentuk yang diinginkan.



Beberapa rujukan panel di dalam bus yang yang diproduksi memakai mesin ini ialah panel ram inlet AS, panel radiator, panel air intake mesin, dan lainnya.

3. Mesin Bending Safan Darley

Mesin bending pelat dari Belanda yang terkomputerisasi dan semi-otomatis sehingga sanggup menekuk pelat secara konsisten dengan kepresisian yang tinggi.



Sebagian besar komponen pelat (panel-palenl dan braket) yang ada di dalam bus ditekuk dan dibuat memakai mesin ini.

4. Mesin Bending Hidrolis Yawei

Ini ialah mesin alat bending pelat. Mesin ini sanggup menekuk sampai ketebatal 4,8 mm dan pajang 900mm. Hasil dari kerja mesin ini dipakai untuk menyambung chassis.



5. Mesin CNC Bending Yawei (Bending)

Mesin bending pelat dari China yang terkomputerisasi dan semi-otomatis sehingga sanggup menekuk pelat secara konsisten dengan kepresisian yang tinggi.



Sebagian besar komponen pelat (panel-panel dan braket braket) yang ada di dalam bus ditekuk dan dibuat memakai mesin ini.

6. Mesin Press Nut Haeger

Ini ialah assy bracket dengan nut. Mesin press baut dan mur untuk mendukung pembuatan komponen panel-panel bus dehingga tetap terjaga kepresisiannya dan kekuatan dikala proses pemasangan.



7. Mesin Folding 14M (Origami)

Mesin ini berfungsi untuk menekuk dan memotong pelat yang panjanganya mencapai 12 meter. Mesin ini bekerja dengan kegiatan komputerisasi sehingga hasilmya sesuai dengan gambar yang diinginkan.



Mesin ini juga bisa dipakai untuk menekuk dan memotong pelatu yang panjangnya leboih dari 3 meter. Hasil dari kerja mesin ini ialah bab atap samping bus, dan lambung atas bus.

8. Mesin Laser Cutting Salvagnini

Mesin ini bekerja dengan sistem potong memakai laser untuk pelat SS, aluminium, dan mid steel. Mesin laser dari Italia ini memakai teknologi fiber optik sehingga memperlihatkan tingkat kepresisian yang sangat tinggi.



Mesin Laser Cutting Salvagnini dipakai untuk melaksanakan pemotongan banyak sekali tipe pelat. Sebagian besar panel pelat yang terpasang pada setiap unit bus yang diproduksi, dipotong memakai mesin ini.

9. Mesin Laser Cutting Trup


Mesin ini bekerja dengan sistem potong memakai laser untuk pelat SS, aluminium, dan mid steel. Mesin laser ini didatangkan dari Jerman dengan teknologi fiber optik sehingga memperlihatkan tingkat kepresisian yang sangat tinggi.



Mesin Laser Cutting Trup dipakai untuk melaksanakan pemotongan banyak sekali tipe pelat. Sebagian besar dari panel pelat yang terpasang pada setiap unit bus yang diproduksi, dipotong memakai alat ini.

10. Mesin Bending Pipa CNC

Mesin roll bending ini dijalankan dengan komputerisasi (program). Mesin ini menghasilkan produk menjadi bentuk kurva yang dihasilkan sesuai dengan gambar yang diinginkan. Mesin ini bisa mengerjakan kurva-kurva yang variatif.



Hasil dari mesin ini di antaranya ialah bab atap samping bus, rangka dasboard, rangka pilar utama, dll.

Sumber: https://otomotif.bisnis.com/read/20170918/275/690818/mengintip-10-mesin-teknologi-canggih-karoseri-laksana-bus

Comments