E-Otobus Penjualan Bus Pada Tahun Politik 2019 Melandai
Bisnis.com, JAKARTA – Pasar bus Indonesia masih sedikit melandai sampai bulan ke-2 tahun ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat total penjualan bus dalam dua bulan pertama mencapai 614 unit atau turun 4% dari periode sebelumnya yang mencapai 641 unit.
Sekjen DPP Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) T.Y Subagio menyampaikan penurunan penjualan bus salah satunya dipengaruhi oleh tahun politik.
“Kami [Askarindo] berharap sesudah April atau paskapemilu penjualan akan kembali menanjak,” ungkapnya di sela-sela program Busworld Sout East Asia Exhibition 2019 di Jakarta, pada Rabu (20/3/2019).
Data Gaikindo menunjukkan sampai Februari 2019 Hino menjadi pemimpin pasar dengan total penjualan 350 unit atau menguasai 57% pasar. Mitsubishi Fuso mengikuti di belakangnya dengan penjualan sebanyak 262 unit atau menguasai 42,67% pasar. Sedangkan, Tata Motors dan Scania harus bekerja ekstra keras alasannya yakni masing-masing hanya berhasil menjual 1 unit dalam dua bulan pertama tahun ini.
Selain itu, sebagai industri yang berkaitan dekat dengan produsen kendaraan niaga dan bus, ia menilai truk masih mendominasi pasar karoseri kalau dibandingkan dengan bus. Namun, karena hanya sekitar 40% dari pelaku industri karoseri yang terdaftar di Askarindo, maka komposisinya tidak dapat disebutkan secara pasti.
“Saat ini karoseri masih lebih banyak melayani produk truk ketimbang bus, tetapi komposisinya berapa, kami sulit menghitungnya alasannya yakni hanya 40% pelaku industri karoseri yang terdaftar di kami [Askarindo],” imbuhnya.
Sumber : https://m.bisnis.com/otomotif/read/20190320/275/902281/busworld-2019-tahun-politik-penjualan-bus-melandai
Sekjen DPP Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) T.Y Subagio menyampaikan penurunan penjualan bus salah satunya dipengaruhi oleh tahun politik.
“Kami [Askarindo] berharap sesudah April atau paskapemilu penjualan akan kembali menanjak,” ungkapnya di sela-sela program Busworld Sout East Asia Exhibition 2019 di Jakarta, pada Rabu (20/3/2019).
Data Gaikindo menunjukkan sampai Februari 2019 Hino menjadi pemimpin pasar dengan total penjualan 350 unit atau menguasai 57% pasar. Mitsubishi Fuso mengikuti di belakangnya dengan penjualan sebanyak 262 unit atau menguasai 42,67% pasar. Sedangkan, Tata Motors dan Scania harus bekerja ekstra keras alasannya yakni masing-masing hanya berhasil menjual 1 unit dalam dua bulan pertama tahun ini.
Selain itu, sebagai industri yang berkaitan dekat dengan produsen kendaraan niaga dan bus, ia menilai truk masih mendominasi pasar karoseri kalau dibandingkan dengan bus. Namun, karena hanya sekitar 40% dari pelaku industri karoseri yang terdaftar di Askarindo, maka komposisinya tidak dapat disebutkan secara pasti.
“Saat ini karoseri masih lebih banyak melayani produk truk ketimbang bus, tetapi komposisinya berapa, kami sulit menghitungnya alasannya yakni hanya 40% pelaku industri karoseri yang terdaftar di kami [Askarindo],” imbuhnya.
Sumber : https://m.bisnis.com/otomotif/read/20190320/275/902281/busworld-2019-tahun-politik-penjualan-bus-melandai
Comments
Post a Comment