E-Otobus Bus Glamor Yang Eksis Di Indonesia

Demam ‘telolet’ yang telah berlalu menciptakan sejumlah armada bus di Indonesia menjadi sentra perhatian. Namun di balik itu, ternyata bus yang ada dijalanan khususnya untuk lintas provinsi telah difasilitasi sejumlah ornament mewah. Bak hotel bintang lima berjalan, bus yang ada ketika ini tidak hanya sekadar mengangkut penumpang untuk berpergian, tetapi juga menunjukkan kenyamanan selama di perjalanan.

Tak heran bus-bus glamor kerap dipakai untuk operator bus pariwisata atau disewa instansi yang sedang melaksanakan perjalanan dinas.

Lantas bus apa saja yang mempunyai kemudahan mewah? Berikut tiga bus glamor yang berhasil dihimpun:

1. Omah Mlaku

Omah mlaku merupakan bus super glamor milik PO Nusantara yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah. Bus yang dirakit di karoseri Adi Putro ini memakai sasis Volvo tipe 12R dengan kapasitas mesin 12 L yang bisa menghasilkan tenaga 420 Tk.


Di dalamnya tersedia banyak sekali perangkat hiburan antara lain tiga LCD TV, karaoke, home theater dan dingklik pijat elektrik. Bus ini dilengkapi jaringan internet melalui kemudahan WiFi.

Interior bus didesain sedemikian rupa dengan kemudahan layaknya hotel berbintang.

2. Imah Leumpang

Bus premium yang satu ini dimiliki oleh PO. Metropolitan yang bermarkas di Majalengka, Jawa Barat. Agar menjadi mewah, bus Imah Leumpang dirombak oleh karoseri Adi Putro di atas sasis Volvo B7R.

Sebagai bus super mewah, Imah Leumpang dilengkapi dengan kemudahan pendukung menyerupai V - VCD / DVD, Karaoke, Kursi Pijat, Lemari Pendingin, Kitchen Set, sampai Ruang Meeting. Bahkan, bus ini juga menyediakan kamar tidur di dalamnya.


Interior bus didesain sedemikian rupa dengan kemudahan layaknya hotel berbintang.

3. AM Trans Luxurious

Berikutnya dalah AM Trans Luxurious dengan operator dari PO AM Trans di Bandung. Bus ini dibangun oleh karoseri New Armada di atas sasis Hino RK-8 R260 yang telah dimodifikasi dengan menambahkan satu gardan pada roda belakang.


Fasilitas yang ada pada bus ini tak kalah mentereng, alasannya AM Trans Luxurious juga mempunyai kemudahan menyerupai karaoke, dingklik pijat, sofa, kamar tidur, serta toilet. Bahkan, bus berkelir hitam ini juga didukung kemudahan home theater serta dapur.

4. Putera Mulya

Bus ini cukup menarik lantaran armada yang dioperasikan di bawah PT Putera Mulya Sejahtera tersebut menjadi bus tingkat pertama dengan rute jarak jauh, serta menyediakan dua kelas, ialah First Executive Class dan Elegant Class.


Berbasis Scania K410IB Opticruise, bus rute Jakarta-Wonogiri ini punya dua kelas. Elegant Class, yang berada di dek bawah dikanakan tarif Rp 325 ribu, dengan dilengkapi soliter LCD passenger on seat, electric seat adjustable, leg rest, toilet, juga coffee maker.


Sementara untuk First Executive Class yang berada di dek atas dipatok Rp 225 ribu dengan kemudahan berupa soliter LCD passenger on seat, reclining seat, toilet, leg rest, dan water dispenser. Sementara, di kelas ini ada ruang merokok.

Sekadar isu ini merupakan bus tingkat kedua yang beroperasi di Pulau Jawa dan yang pertama memakai Scania K410IB Opticruise. Sementara secara nasional bus tingkat Scania juga sudah beroperasi untuk rute Banda Aceh-Medan.

Sumber : http://m.liputan6.com/otomotif/read/2686112/daftar-bus-mewah-yang-eksis-di-indonesia


Comments