E-Otobus Hadirnya Bus Double Decker Menjadi Kompetisi Gres Bus Akap

Ditengah persaingan dengan moda angkutan udara dan kereta api, demam isu penumpang bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi), terutama untuk rute jarak jauh terus mengalami penurunan. Selain didera problem kemacetan kemudian lintas, aspek kenyamanan penumpang kian berkurang dengan kualitas bus yang ikut merosot karena kurangnya perawatan. Namun, bukan berarti bisnis bus AKAP bakal terjun bebas, sejumlah PO (Perusahaan Otobus) masih cukup kreatif untuk memanjakan penumpang, salah satu terobosannya yaitu menghadirkan bus tingkat AKAP.


Bus Double Decker PO Efisiensi Foto: Banyumasnews.com
Bus tingkat pastinya sudah jamak kita kenal, tapi di Indonesia umumnya keberadaan double decker ini untuk menunjang angkutan dalam kota dan acara terkait wisata. Dipelopori oleh PO Nusantara, semenjak 2014 sudah mulai beroperasi bus AKAP double decker, kemudian menysul PO Putera Mulya, PO Efisiensi, dan terakhir PO Lorena. Tak hanya memperlihatkan sensasi gres bagi penumpangnya, double decker yang digadang tiap PO rata-rata menyuguhkan kemewahan kemudahan laksana penerbangan kelas bisnis di maskapai udara. Untuk menjamin kenyamanan, bus tingkat AKAP yang dibangun oleh perusahaan karoseri nasional, kesemuanya memakai sasis dan mesin bus dari merek-merek ternama yang proven sebagai pemasok teknologi bus dunia.


Bus Double Decker Po Sempati Star Foto : Bus Engineer

Bicara wacana fasilitas, umunnya PO penyedia double decker membagi dua kelas dalam satu bus, di lantai dua menjadi kabin untuk kelas eksekutif, ada water dispenser, reclining seat yang nyaman, hingga smoking room di bab belakang. Sementara di lantai bawah, umumnya di setting untuk kelas yang lebih mewah, disini tersedia electric adjustable seat, jadi traveler dapat mengatur kenyamanan bangku secara otomatis, sandaran kursinya dapat diatur dengan memencet tombol yang ada di sisi dalam sandaran tangan. dan menarik juga disiapkan coffee maker. Benar-benar tak kalah dengan kemudahan di pesawat terbang, masing-masing bangku sudah dilengkapi stop kontak listrik dan satu monitor LCD yang berisi hiburan film dan musik yang dapat dipilih. Karena menyasar rute jarak jauh, dipastikan ada kemudahan toilet di bus double decker ini.


Bus Double Decker Po Lorena Foto : RADAR Banyumas

Fasilitas saja dipandang tak cukup untuk memikat calon penumpang, jenis bus yang dipakai terang ikut menentukan. Setidaknya dalam kompetisi di segmen bus AKAP double decker ini nama Scania dari Swedia MAN dan Mercedes Benz dari Jerman. Contohnya bus tingkat dari PO Nusantara yang memakai sasis MAN R37. Dengan mengacu pada desain MAN Neoplan, bus yang dibangun perusahaan karoseri Nusantara Gemilang ini punya kapasitas 19 kursi. Sementara PO Putera Mulya menentukan sasis dari Maxibus dari Scania K410IB mengandalkan mesin 13 liter DC13 yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Untuk proses pembangunan bodi, POI Putera Mulya memilh karoseri Adiputro. Untuk PO Efisiensi menentukan teknologi sasis dari Mercedes Benz OC500RF 2542, sementara pihak karoseri yang terlibat yaitu Adiputro.

Bus Double Decker Po Sinar Jaya Foto : DuniaBis.com

PO Lorena meski hadir belakangan, perusahaan bus yang terbilang senior di Tanah Air ini sudah menyiapkan 10 unit bus tingkat AKAP yang akan meluncur di 2017. Yang dipilih Lorena yaitu sasis Mercedes Benz OC500RF 2542, dan kawan karoseri Adiputro. Meski beda-beda manufaktur, bus tingkat AKAP punya ciri yang sama dengan bus tingkat pada umumnya, yakni ground clearance yang terbilang rendah, bahkan dapat dikata seolah-olah dengan ground clearance bus bandara yang kerap membawa/mengantar penumpang menuju tangga pesawat. Dan hingga ketika ini bus tingkat AKAP dengan tiga sumbu roda gres disasar untuk rute di Pulau Jawa.

Sumber :  https://kabarpenumpang.com/double-decker-kompetisi-baru-di-layanan-bus-akap/

 

Comments