E-Otobus Po Cita-Cita Jaya Dengan Chasis Scania K 410 Akan Segera Hadir Agustus 2017
Ya inilah SCANIA K 410 series chasis bus triple axle yang kini sudah muali meramaikan dunia perbisan di Indonesia,PO Satria Muda asal kota Purwokerto yang sudah memakai chasis bus ini, dan di gadang-gadang sebagai PO bus pertama yang memakai Chasis ini di Indonesia, yap kini giliran PO Harapan Jaya juga telah mendatangkan chasis premium yaitu SCANIA K 410 triple axle, info ini penulis dapatkan dari website resmi PO Harapan Jaya, "Kabar gembira…
PO. HARAPAN JAYA dengan besar hati mempersembahkan unit terbaru kami scania K410. Yang diperkirakan sanggup mulai beroperasi agustus 2017" kalimat itulah yang saya kutip dari website PO Harapan Jaya jadi kalau anda ialah pelanggan setia PO Harapan Jaya dan ingin mencicipi sensasi SCANIA K 410 tunggu kehadirannya pada Agustus 2017.
Sebenarnya apa sih kelebihan dari chasis SCANIA 3 Axle, penulis akan mencoba sedidkit mengulas profil dari chasis ini, dengan mesin kubikasi besar dan 3 sumbu roda kini mulai menjadi tren gres di dunia perbisan di Indonesia. Sebelumnya PO Sumber Alam juga mempunyai bus dengan 3 sumbu roda akan tetapi itu ialah hasil modifikasi, kini trend itu semakin menguat dengan 3 Axle yang menganut 4 Wheel Steering yang mempunyai kegunaan kala melaksanakan manuver – manuver di area yang sempit.
NB : Spesifikasi diatas mungkin sedikit mempunyai perbedaan dengan versi Indonesia, yang mana Indonesia unit yang masuk mengalami pembiasaan sesuai kondisi geografis di Indonesia.
PO. HARAPAN JAYA dengan besar hati mempersembahkan unit terbaru kami scania K410. Yang diperkirakan sanggup mulai beroperasi agustus 2017" kalimat itulah yang saya kutip dari website PO Harapan Jaya jadi kalau anda ialah pelanggan setia PO Harapan Jaya dan ingin mencicipi sensasi SCANIA K 410 tunggu kehadirannya pada Agustus 2017.
Sebenarnya apa sih kelebihan dari chasis SCANIA 3 Axle, penulis akan mencoba sedidkit mengulas profil dari chasis ini, dengan mesin kubikasi besar dan 3 sumbu roda kini mulai menjadi tren gres di dunia perbisan di Indonesia. Sebelumnya PO Sumber Alam juga mempunyai bus dengan 3 sumbu roda akan tetapi itu ialah hasil modifikasi, kini trend itu semakin menguat dengan 3 Axle yang menganut 4 Wheel Steering yang mempunyai kegunaan kala melaksanakan manuver – manuver di area yang sempit.
SCANIA K410EB inilah yang sanggup melakukannya dengan baik, chasis yang menganut tipe modular, sehingga membebaskan karoseri berkreasi,chassis SCANIA ini masuk ke Indonesia pada tahun 2015 kemudian dan tepatnya sekitar bulan Juli 2015 melalui biro tunggal United Tractor. Chassis SCANIA yang merupakan pesanan dari PO. BGS Satria Muda Purwokerto yang kala itu pribadi mengaplikasikannya ke Karoseri Adi Putro untuk dirakit dengan body Jetbus 2+ SHD. Berikut ini adalah
Spesifikasi dari Scania K410
- ENGINE
13 litre DC13 107 EURO 3
4-stroke 6-cylinder in-line, 4-valves per cylinder,
turbo-charged, intercooled, Scania PDE injection
(separate electromagnetically controlled unit injectors)
and air cleaner.
Maximum Output
301 kW (410 hp) @ 1,900 r/min
Maximum Torque
2,000 Nm @ 1,000 – 1,350 r/min
Equipped with:
Cruise Control
Speed Limiter
Centrifugal engine oil cleaner - GEARBOX
GR875R, 8-speed Scania Opticruise with kick-down
and oil cooling for gearbox.
RETARDER
Scania Retarder – automatic and manual control.
AXLE GEAR
R660, gear ratio 2.73
COOLING SYSTEM
Hydraulic driven, temperature – regulated cooling fan
at 80°C.
FUEL SYSTEM
500 litres aluminium tank, fuel filter chassis mounted
with water separator. - BRAKES AND SAFETY
Disc brakes on front and rear axle, full air brakes with
independent circuits for front, rear & parking circuits,
with following as standard:
• Electronic Stability Programme (ESP)
• Electronically controlled Anti-lock Braking System
(EBS)
• Traction Control (TC)
• Interlock valve with parking brake
• Asbestos-free linings
• Hill Hold function
AIR DRYER
High capacity air dryer with intelligent compressor
control and oil separator.
SUSPENSION
Front (2) and rear (4) and tag axle (2) air bellows, with
heavy duty shock absorbers, anti-roll bars on all axles.
Total raising and lowering suspension. - STEERING
Hydraulic powered. Fully adjustable steering
wheel column, with air-powered locking mechanism.
Right hand drive.
FIRE ALARM SENSORS
3 (three) fire alarm sensors located in engine
compartment.
ELECTRICAL SYSTEMS
Alternator : Heavy duty 150A + 150A
Master Switch : Located at batteries
Batteries : 2 x 220 Ah capacity
(Maintenance-free) - INSTRUMENT GAUGES
Speedometer km/h; r/min meter; air pressure; fuel;
temperature; LCD multi-display panel, individual start
function key with engine stop request, automatic return
on direction indicator level with button for
windscreen washing.
TYRES AND RIMS
295/80 R22.5 tubeless tyres on 9.00 x 22.5 rims
in the front and rear with spare, splash guard,
front hub cover.
TECHNICAL SPEC
Front axle load (Max) : 7,500 kg
Rear axle load (Max) : 11,500 kg
Tag axle load (Max) : 6,000 kg
Gross vehicle weight : 25,000 kg
DIMENSIONS
Axle distance (A) : 5,850 mm (variable)
Bogie distance (B) : 1,300 mm
Front overhang (I) : 2,500 mm
Rear overhang (J) : 4,000 mm
Chassis length : 12,350 mm (variable)
Chassis width : 2,500 mm
WHEEL LOCK : 52° (max)
TURNING CIRCLE (Ø) : 20.1 m, kerb-to-kerb
NB : Spesifikasi diatas mungkin sedikit mempunyai perbedaan dengan versi Indonesia, yang mana Indonesia unit yang masuk mengalami pembiasaan sesuai kondisi geografis di Indonesia.
Berdasarkan info dari beberapa blog ada beberapa perbedaan K410 ini dengan akhiran K410iB , sedangkan merujuk pada Website Scania langsung, Varian yang ada untuk K410 ini ialah K410EB. Yang mana varian E mempunyai sisi lebih pada kenyamanan dan diperuntukkan untuk perjalanan jarak jauh, dibandingkan varian i yang merupakan abreviasi dari intercity (antar kota) yang mempunyai range jarak bersahabat – jauh.
Scania K410EB ini memang layak menjadi musuh terkuat dari Mercedes – Benz OC 500 RF 2542. Karena mempunyai kekeuatan yang sama di angka 400 – 420 hp, perbedaan 10 hp tidak akan begitu berarti. Hanya PR besar bagi Scania yang bernaung dibawah United Tractor (Astra Group) ialah bagaimana caranya mempopulerkan K410EB ini sebagaimana Mercedes – Benz berhasil melakukannya pada 2542. Disamping itu jangan lupakan juga si “naga emas” Golden Dragon XML6145D13 yang merupakan varian termurah dari bus 3 axle yang beredar di Indonesia ketika ini.
Sumber Gambar : http://www.poharapanjaya.com/wp-content/uploads/2017/05/scania-K410_A.jpg
Comments
Post a Comment