E-Otobus Profil Perusahaan Otobus Lorena-Karina Group

Pada tahun 1970, Lorena Transport didirikan oleh Bpk. G.T. Soerbakti dan mulai menjalankan bisnis jasa transportasi jarak pendek dengan mengandalkan 2 unit bus Mercedes Benz yang melayani rute antar kota, yaitu Bogor - Jakarta PP. Kemudian pada tahun 1984, trayek jarak jauh mulai dibuka yaitu Jakarta - Surabaya PP, dilanjutkan dengan kota-kota lain di Pulau Jawa, Madura, Bali dan Sumatera. Saat ini LORENA-KARINA telah mempunyai lebih dari 500 unit bus yang keseluruhannya memakai produk Mercedes Benz guna melayani lebih dari 60 Kota di Indonesia.



Lorena Group pada tahun 1989 membuatkan usahanya dengan mendirikan PT. Ryanta Mitra Karina yang biasa disebut "KARINA" yang juga bergerak di bidang jasa angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) yang melayani trayek Jakarta, Surabaya, Malang, Madura dan Denpasar.

LORENA-KARINA mempunyai janji untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) serta dengan sungguh-sungguh memperlihatkan pelayanan prima dan motto perjuangan yang mengutamakan kepuasan pelanggan yaitu : SABAR, SOPAN dan SENYUM.

Hasil upaya PT. Eka Sari Lorena Transport dalam menumbuh-kembangkan perjuangan telah menghasilkan penghargaan dari konsumen dan akta ratifikasi dari banyak sekali forum pemerintah maupun internasional, diantaranya :

  1. Penghargaan Managemen Transportasi Darat & Depo Terbaik di DKI dari Departemen Perhubungan R.I
  2. "Golden Asia Award" For Service Excellence, Hongkong
  3. "New Millennium Award" International Transportation Award, Brussels - Belgium.
  4. "Lifetime Achievement Award" dari Ernst & Young Entrepeneur Of The Year 2003 Indonesia kepada Bp. Gusti Terkelin Soerbakti, President LORENA Group
  5. Penghargaan Pemilihan Kinerja Perusahaan Otobis terbaik Tingkat Nasional dari Departemen Perhubungan R.I.
  6. Penerima penghargaan Pengemudi Bus AKAP Terbaik di DKI dan Indonesia dari Departemen Perhubungan R.I.
Pada Tahun 2003 PT. Eka Sari Lorena Transport berhasil mendapat sertifikasi ISO 9001:2000, dimana LORENA Transport merupakan perusahaan transportasi darat pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000. Hal ini memperlihatkan janji LORENA untuk memperlihatkan kualitas jasa terbaik dan sesuai standar mutu yang dipersyaratkan. Penerapan sistem yang berbasis ISO 9001:2000 yakni upaya untuk menstandarkan seluruh proses kerja dan secara pribadi akan terkait dengan standarisasi mutu jasa yang dihasilkan sehingga memunculkan Budaya Mutu dalam Perusahaan.



Keunggulan dan nilai tambah dari LORENA-KARINA terletak pada kreatifitas dan penemuan dalam mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi terhadap harapan maupun kebutuhan pelanggan. Untuk mendukung aktivitas pengoperasian bus dan penerapan konsep depo terpadu yang sanggup melayani semua kebutuhan pelanggan dalam satu lokasi, telah dibangun depo bus LORENA-KARINA di Jl. Raya Tajur No. 106 Bogor, dan di Jl. RA. Kartini No. 16 Cilandak, Jakarta. Dimana seluruh bus LORENA-KARINA berangkat dan datang serta juga sebagai daerah transit bagi penumpang dalam perjalanan jarak jauh dari Wilayah Sumatera, Jawa, Madura dan Bali ataupun sebaliknya.

Di depo LORENA-KARINA tersedia akomodasi untuk para penumpang berupa counter penjualan dan pemesanan tiket, ruang tunggu penumpang, ruang istirahat, Mushola, kamar mandi, Rumah Makan, jasa pengiriman barang ( ESL EXPRESS ) dan SPBU.

Pada Bulan November 2007, Lorena Transport memenangkan tender Busway yang diadakan oleh Pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk koridor V dan VII dengan mengalahkan lebih dari 30 pesaing. Untuk koridor V, Lorena Transport memakai 13 unit bus articulated (gandeng) bermerek Komodo. Sedangkan untuk koridor VII, Lorena Transport akan mengunakan 34 unit single bus bermerek Hino. Lorena Transport akan memperlihatkan kepada masyarakat kualitas Mass Rapid Transportation yang berskala Internasional namun tetap mengedepankan efisiensi keuangan negara.

Pada tanggal 1 Juni 2008, Lorena Group telah meluncurkan Program Baru yaitu Program frequent traveler GREEN CARD LORENA-KARINA. Green Card ini merupakan progam unggulan terbaru yang memperlihatkan kemudahan kepada anggota Green Card dikala melaksanakan perjalanan dengan memakai jasa LORENA-KARINA. Sebagai pemegang Green Card, banyak laba yang diperoleh sehingga menciptakan perjalanan mempunyai nilai tambah.

Kemudahan dan laba dari LORENA-KARINA GREEN CARD antara lain : Poin Reward yang sanggup ditukarkan dengan hadiah menarik, kemudahan untuk pemesanan tiket LORENA-KARINA pada demam isu ramai yang telah ditentukan oleh perusahaan, serpihan harga untuk pemakaian jasa Lorena Group lainnya (Sari Lorena Charter & Rental dan ESL Express Courier & Cargo), serta serpihan harga untuk pembelian Souvenir Lorena Group.

Visi
“ Menjadi Perusahaan Transportasi Darat terbaik di Indonesia dengan sistem yang terintegrasi dan layanan PRIMA “

Misi

“ Memberikan jasa transportasi darat dengan kualitas terbaik“
“ Membangun layanan transportasi darat yang Aman, Nyaman, Tepat waktu dan memuaskan pelanggan “

Moto
“ Sabar, Sopan, Senyum “

FOKUS APLIKASI STRATEGI DAN MANAJEMEN

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI
Dalam memperlihatkan nilai lebih untuk kenyamanan pelanggan maka armada LORENA ditangani oleh tenaga andal yang terlatih dimana akomodasi bus kami menyediakan: AC, TV, DVD, karaoke, Reclining seat dan dilengkapi dengan sandaran kaki, toilet, pintu darurat, pemadam kebakaran, bagasi, ruangan merokok dan alat GPS untuk memonitor keberadaan bus.

PELATIHAN
Kami selalu melaksanakan training untuk Manajemen, Karyawan , Mekanik dan Kru (Pengemudi dan kenek) semoga sanggup menghasilkan tenaga yang mahir, handal & berpengalaman, guna memastikan terwujudnya kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jasa bus.

MEMBERIKAN PELAYANAN YANG TERBAIK
Selain menyediakan 4 kelas jenis pelayanan, hal yang paling penting dalam pelayanan LORENA yakni memastikan bahwa setiap pelanggan akan mendapat perhatian khusus serta profesionalisme kerja dari karyawan dan administrasi kami sebelum, selama dan setelah perjalanan.

KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN PEMASARAN
Kami menyadari tanpa pelayanan yang baik dan profesionalisme kerja dari staff kami, mekanisme operasi dan pelaksanaannya mustahil sanggup memenuhi harapan pelanggan. Untuk itu LORENA selalu menjaga kekompakan tim kerja dan melaksanakan beberapa taktik pemasaran menyerupai dengan membuatkan distributor - distributor penjualan tiket dan aktivitas promosi lainnya dalam perjuangan untuk selalu menjaga kesinambungan operasional usaha.

PANDANGAN KINERJA KEWIRAUSAHAAN

Pelayanan utama LORENA-KARINA terletak pada kreatifitas dan penemuan dalam mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi terhadap harapan maupun kebutuhan pelayanan pelanggan. Untuk mendukung aktivitas LORENA-KARINA, kami telah mendirikan depo bus moderen yang berlokasi di Bogor - Jawa Barat, 60 km dari Jakarta dan juga di Jakarta Selatan dimana seluruh bus LORENA-KARINA berangkat dan datang di daerah tersebut dan juga merupakan daerah transit bagi penumpang dalam perjalanan jarak jauh.

Alasan utama di balik inspirasi tersebut merupakan perjuangan untuk melengkapi banyak sekali akomodasi dengan bentuk pelayanan kepada pelanggan yang terintegrasi. Di dalam depo yang moderen ini tersedia Workshop untuk perbaikan dan pembersihan bus. Disamping itu tersedia akomodasi untuk para penumpang berupa Counter penjualan dan pemesanan tiket, ruang tunggu Penumpang, ruang istirahat dan loker, mushola, kamar mandi dan toilet, rumah makan, mini mart, pelayanan untuk menyimpan bagasi, jasa pengiriman barang dan pompa bensin baik untuk bus LORENA-KARINA maupun umum.


Sumber : http://www.lorena-karina.com/profile.html

 

Comments